• Selasa, 7 Februari 2023

Uskup Rolly Untu: Kenakanlah Cinta Kasih Sebagai Tali Pengikat

- Sabtu, 31 Desember 2022 | 21:54 WIB
Uskup Keuskupan Manado Mgr. Rolly Untu MSC memimpin perayaan ekaristi Pesta Keluarga Kudus di Paroki Bunda Teresa dari Calcutta GPI.  (Arther Royke)
Uskup Keuskupan Manado Mgr. Rolly Untu MSC memimpin perayaan ekaristi Pesta Keluarga Kudus di Paroki Bunda Teresa dari Calcutta GPI. (Arther Royke)

 

 

KLIKMANADO.COM - Uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC., mengingatkan untuk mengenakan cinta kasih sebagai tali pengikat yang mempersatukan  dan menyempurnakan.

Hal tersebut disampaikan dalam  homili perayaan ekaristi Pesta Keluarga Kudus, dirangkaikan Natal bersama umat Kevikepan dan Pemerintah Kota Manado di Gereja Bunda Teresa dari Calcutta GPI, Jumat (30/12/2022).

Uskup Rolly Untu dalam homilinya mengungkapkan hari keenam Natal dalam kalender liturgi diperingati sebagai Pesta Keluarga Kudus.

Foto bersama Uskup Mgr Rolly Untu MSC, pastores 13 paroki Kevikepan Manado, Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang dan jajaran Pemkot Manado. (Arther Royke)

“Bacaan pertama kitab Sirakh dari Perjanjian Lama disebutkan  barang siapa takwa kepada Tuhan akan menenangkan dan menghormati ibu, ayahnya. Menyenangkan dan menghormati orang tua itu dapat terjadi karena ikatan yang  mendasar tali cinta kasih yang mengikat dan menyempurnakan. Sedangkan  dalam  bacaan  kedua rasul Paulus kepada Jemaat di Kolose menegaskan Kalianlah orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya maka kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelembutan dan kesabaran. Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan  hendaknya kalian saling mengampuni bila yang seorang menaruh  dendam terhadap yang lain. Sebagaimana Kristus menghampuni kalian begitu juga kalian  mengampuni,” tutur Uskup Manado mengutip bacaan Kitab Suci.

Baca Juga: Bacaan dan Renungan Harian Katolik Sabtu 31 Desember 2022

Lebih lanjut Uskup mengungkapkan, bahwa Rasul Paulus mengatakan dan di atas semua itu kenakanlah cinta kasih sebagai tali pengikat yang mempersatukan  dan menyempurnakan. “Relasi suami dan  istri, relasi orang tua  dan anak-anak, kata kuncinya kalau ada kasih yang mengikat maka banyak hal bisa diselesaikan. Kalau ada cinta maka kesalahan-kesalahan bahkan  dosa pun bisa maafkan dan diampuni. Sebagaimana  Yesus yang  sampai digantung di kayu salib bahkan sampai pada kebangkitan-Nya dalam  perutusannya pada murid-muridnya Yesus menekankan untuk saling mengampuni. Kamu sudah diampuni maka hendaknya kamu juga mengampuni satu dengan yang lain,” ungkap Mgr Untu.

Perayaan Natal bersama umat Kevikepan Manado dan Pemkot Manado. (Arther Royke)

Halaman:

Editor: Arther Royke

Sumber: Klik Manado

Tags

Terkini

Bacaan dan Renungan Katolik Selasa 24 Januari 2023

Selasa, 24 Januari 2023 | 11:35 WIB

Bacaan Injil Hari Selasa 6 Desember 2022

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:05 WIB

Renungan Harian Katolik Minggu 4 Desember 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 12:23 WIB

Terpopuler

X