• Selasa, 7 Februari 2023

2023 Diramal Tahun Resesi, DPRD Sulut Usulkan Anggaran Makan Minum Dipangkas

- Sabtu, 5 November 2022 | 10:41 WIB
Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen saat memimpin rapat Badan Anggaran pembahasan APBD 2023. (Dokumen Sekretariat DPRD Sulut)
Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen saat memimpin rapat Badan Anggaran pembahasan APBD 2023. (Dokumen Sekretariat DPRD Sulut)

KLIKMANADO.COM- ‘Ramalan’ akan terjadinya resesi ekonomi pada tahun 2023 nanti, membuat banyak pihak berupaya melakukan penghematan sebagai antisipasi. Salah satunya adalah Ketua DPRD Sulawesi Utara, Fransiscus Andi Silangen yang mengeluarkan imbauan penghematan kepada instansi-instansi pemerintah.

Ia mengatakan, salah satu yang bisa dihemat adalah anggaran makan minum dalam APBD 2023 nanti.

Silangen mengatakan, setiap kali dia menghadiri acara termasuk agenda di DPRD, makanan dan minuman sering mubazir. Tidak dimakan dan tidak diminum.

“Penghematan wajib dilakukan. Bisa dimulai dari anggaran makan dan minum. Kita kan sibuk ikut acara, kadang makanan dan minuman tidak disentuh termasuk buah-buah yang kebanyakan impor. Kan sangat disayangkan yang begini-begini. Coba lakukan penghematan, anggaran tersebut bisa dipakai ke program yang lebih menyentuh masyarakat,” ucapnya, Rabu (2/11/2022).

Ia pun menegaskan akan mengangkat masalah ini dalam pembahasan RAPBD 2023 yang mulai digelar pada Kamis (3/5/2011).

“Akan saya angkat soal ini. Karena saat kunjungan kerja ke Provinsi Bali lalu, mereka di sana menghemat anggaran mami sampai Rp 300 miliar. Masa di Bali bisa lalu di Sulut tidak,” tandasnya.

DPRD, lanjutnya, akan menghitung berapa banyak anggaran makan dan minum dalam APBD 2023. Tak sampai di situ, Silangen menuturkan, pengembangan makanan lokal khas Sulut akan digalakkan.

“Tak usah ada buah impor. Kue juga harus pakai yang tradisional saja. Misalnya pisang goreng, ubi rebus. Buah bisa beli di sekitar sini,” tuturnya.

Ide penghematan anggaran makan dan minum ini juga disambut positif oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat, Henry Walukow. Ia sepakat hal tersebut dilakukan oleh seluruh instansi pemerintah.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Tetapkan 17 Peserta Pemilu 2024, Ini Daftarnya

Rabu, 14 Desember 2022 | 21:29 WIB

Terpopuler

X