• Rabu, 7 Desember 2022

1 Tahun 4 Bulan Jalani ‘Hukuman’ BK, JAK Kembali Duduki Kursi Wakil Ketua DPRD Sulut

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:02 WIB
Ketua DPRD Fransiskus Andi Silangen saat membacakan surat keputusan Badan Kehormatan yang mengembalikan jabatan JAK sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut (Dok Setwan Sulut)
Ketua DPRD Fransiskus Andi Silangen saat membacakan surat keputusan Badan Kehormatan yang mengembalikan jabatan JAK sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut (Dok Setwan Sulut)

KLIKMANADO.COM- Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulawesi Utara akhirnya mencabut ‘hukuman’ James Arthur Kojongian (JAK), yang diberhentikan dari jabatannya sebagai Wakil ketua DPRD atas kasus pelanggaran sumpah/janji dan kode etik DPRD, Selasa (28/6/2022).

Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen membacakan surat dari BK tersebut, dengan surat tembusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang penjelasan pemberhentian JAK yang dilakukan pada 16 Febuari 2021 silam.
Sambil menunggu surat pemberhentian dari Kemendagri maka semua hak-hak JAK sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut dikembalikan.

“Sesuai surat tembusan dari Kemendagri 13 Mei 2022 tentang penjelasan tindak lanjut atas usulan pemberhentian JAK sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut, dimana poin ke 3 disampaikan bahwa selama belum ada keputusan pemberhentian JAK sebagai Wakil ketua dan anggota DPRD Sulut yang diterbitkan oleh pejabat berwenang, maka kedudukan hak protokoler dan hak keuangan bersangkutan tetap diberikan,” kata Silangen.

Meski sempat diberhentikan oleh BK sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut selama kurang lebih 1 taun 4 bulan, namun JAK yang merupakan Ketua Harian Golkar ini terpantau rajin masuk kantor dan mengikuti kegiatan di DPRD Sulut.

Seperti diketahui, JAK dicabut jabatannya sebagai Wakil ketua DPRD Sulawesi Utara karena diduga berselingkuh dan nyaris mencelakai istrinya pada akhir Januari 2021 silam. (***)

 

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CEP Maju Senayan di 2024, Target Golkar 2 Kursi

Selasa, 26 Juli 2022 | 16:37 WIB
X