• Rabu, 7 Desember 2022

Ternyata Karena ini Kedubes Jerman Tolak Paspor Indonesia

- Senin, 15 Agustus 2022 | 08:58 WIB
Ilustrasi paspor
Ilustrasi paspor

 

KLIKMANADO.COM – Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman belum lama menolak paspor Indonesia karena tidak ada kolom tangan. Hal ini dikeluhkan seorang pengguna Twitter belum lama ini.

Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) melalui akun Twitter @ditjen_imigrasi membenarkan bahwa tidak ada kolom tanda tangan dalam paspor Indonesia baik elektronik dan non-elektronik.

Hal tersebut dengan pertimbangan efisiesi dan sudah dilakukan sejak 2019 lalu. Dengan mengacu pada Kepmenkumham Nomor https://M.HH-01.GR.01.03.01.3059 Tahun 2019 tentang Spesifikasi Teknis Pengamanan Khusus Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

"Sebagai informasi, Ditjen Imigrasi telah mendaftarkan Paspor Indonesia ke dalam ICAO-PKD dan telah diakui, sehingga keabsahannya telah dikenali secara luas di seluruh negara di dunia," tulis Ditjen Imigrasi, dikutip Minggu (14/o8/2022).

Ditjen Imigrasi dengan Kementerian Luar Negeri juga menyerahkan Nota Diplomasi dan Spesimen Dokumen Paspor selama 5 tahun terakhir pada Kedutaan Jerman. "Segala perkembangan informasi dalam permasalahan ini akan kami sampaikan kepada khalayak pada kesempatan pertama. Ditjen Imigrasi berkomitmen untuk mengupayakan penyelesaian bagi masyarakat yang terkendala," kata lembaga tersebut.

Pada utasnya juga, disebutkan Kepala Divisi Keimigrasian memerintahkan seluruh Kepala Kantor Imigrasi untuk mengakomodir permintaan untuk memasukkan tanda tangan pada halaman pengesahan (endorsement).

"Dalam surat tersebut dinyatakan, Kepala Divisi Keimigrasian agar memerintahkan kepada seluruh Kepala Kantor Imigrasi di wilayah kerjanya untuk mengakomodir permohonan peneraan tanda tangan pemegang paspor RI bagi pemegang paspor tanpa kolom tanda tangan pada halaman pengesahan (endorsement) oleh Kepala Kantor/pejabat imigrasi," tulis Ditjen Imigrasi.

Selain itu, bagi masyarakat pemegang paspor elektronik dan non-elektronik yang ingin memiliki kolom tanda tangan bisa mengajukan permohonan di Kantor Imigrasi atau Perwakilan RI terdekat. Permintaan tersebut tidak dikenakan biaya atau gratis.

Halaman:

Editor: V Aganitji

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

DPR RI Setuju Laksamana Yudo Jadi Panglima TNI

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:21 WIB

Booster Kedua, Presiden Jokowi Divaksin Indovac  

Kamis, 24 November 2022 | 19:10 WIB

Teks Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:52 WIB

Timsus Polri Periksa Ferdy Sambo Sebagai Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:55 WIB

Polri Sengaja Tak Beber Motif Penembakan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:15 WIB
X