• Minggu, 14 Agustus 2022

ASN Terancam Dipecat Jika Terlilit Hutang Konsumtif, Ini Penjelasannya!

- Kamis, 30 Juni 2022 | 08:07 WIB
Tak hanya berhutang, ASN kerap menggadaikan gajinya untuk mendapatkan pinjaman dari Bank (BSC)
Tak hanya berhutang, ASN kerap menggadaikan gajinya untuk mendapatkan pinjaman dari Bank (BSC)

KLIKMANADO.COM – Jika memiliki hutang atau pinjaman, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berhati-hati. Pemecatan jadi ancaman.

Sejumlah kasus di Lebak, Banten menjadi contoh. Dimana sejumlah ASN menghilang dan abai tugas karena terlilit hutang di bank dan rentenir.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Lebak, Halson Nainggolan membeberakan, hutang yang dilakukan oleh beberapa ASN digunakan untuk keperluan konsumtif.

Baca Juga: 3 ASN Ini Diamankan BNN, Barang Bukti Sabu-sabu 20,600 gram

"Para ASN yang terlilit hutang ke rentenir itu kebanyakan untuk kebutuhan konsumtif maupun membeli kendaraan," ungkap Nainggolan.

Peminjaman uang ke rentenir akan ada bunga yang ditambahkan pada hutang pokok tersebut. Dan pihak BAKD Lebak mendapatkan laporan-laporan banyak ASN yang tak mampu melunasi utang kepada rentenir.

Baca Juga: Kabar Baik Untuk PNS, 1 Juli Sri Mulyani Cairkan Gaji 13

Banyak ASN yang tidak mampu melunasi utang ke rentenir, sehingga mereka dicari juru tagih hingga ke rumah maupun tempat bekerja.

“Beban bunga dari rentenir itu terus bertambah dan penagihnya juga lebih keras, bahkan terkadang disertai teror, sehingga ASN yang terlilit utang terpaksa meninggalkan kerja untuk menghindari rentenir," tambah dia.

Ketika ASN yang terlilit utang tersebut menghilang, ketidakhadiran mereka diakumulasikan selama 158 hari/tahun maka bisa bisa direkomendasikan untuk pemecatan dengan tidak hormat sesuai aturan Disiplin ASN.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Timsus Polri Periksa Ferdy Sambo Sebagai Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:55 WIB

Polri Sengaja Tak Beber Motif Penembakan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:15 WIB

Kementan Sebar 800 Ribu Dosis Vaksin PMK

Rabu, 6 Juli 2022 | 22:16 WIB
X