• Minggu, 14 Agustus 2022

Kemenkes RI Dorong Agar Vaksin Merah Putih Diberikan Sebagai Booster dan Untuk Anak

- Selasa, 28 Juni 2022 | 20:28 WIB
Ilustrasi vaksin merah putih
Ilustrasi vaksin merah putih


KLIKMANADO.COM- Vaksin Merah Putih kini dalam perampungan semua tahapan uji klinis untuk mendapat izin penggunaan darurat (EUL). Jika tuntas, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes-RI) mendorong agar vaksin buatan dalam negeri itu digunaka untuk vaksinasi dosis lanjutan (booster) dan anak-anak.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Lucia Rizka Andalusia dalam siaran pers, Senin (27/6/2022).

Ia menjelaskan vaksin Merah Putih telah menjalani rangkaian tahap penelitian, formulasi dan pengembangan uji praklinik. Saat ini vaksin tersebut baru memasuki uji klinik tahap tiga.

“Pada tahap 3 ini tim vaksinasi Merah Putih akan melibatkan 4.005 subjek untuk memastikan efikasi atau tingkat kemanjuran vaksin,” ungkapnya.

Selain itu, kata Lucia, tim juga akan memonitor reaksi pertama dari ribuan subjek itu sebelum diproduksi massal.

“Kami berharap vaksin Merah Putih nanti bisa terdaftar dan direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sehingga, penggunaanya tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia,” tandasnya.

"Untuk meningkatkan akses merah putih pada tahap global," tambah Lucia.

Sementara itu, Ketua peneliti vaksin Merah Putih di Universitas Airlangga (Undai) Surabaya Fedik Abdul Rantam mengatakan vaksin itu dikembangkan dengan inactivated vaccine, mirip dengan vaksin Sinovac.

Menurutnya, mengacu pada data uji klinis fase I dan II, data keamanan terpantau baik dan tidak ada efek serius yang timbul. Ia pun berharap uji klinik fase tiga ini segera rampung dan dapat digunakan.

"Tidak ada serious adverse event atau kejadian yang serius, boleh dibilang semuanya selesai dengan yang kita harapkan," ujar dia.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Timsus Polri Periksa Ferdy Sambo Sebagai Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:55 WIB

Polri Sengaja Tak Beber Motif Penembakan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:15 WIB

Kementan Sebar 800 Ribu Dosis Vaksin PMK

Rabu, 6 Juli 2022 | 22:16 WIB
X