• Selasa, 5 Juli 2022

Pemerintah Terbitkan Surat Edaran Baru Gegara Kasus Harian Covid 19 Naik, Ini Isinya!

- Rabu, 22 Juni 2022 | 08:15 WIB
Ilustrasi pelonggaran penggunaan masker
Ilustrasi pelonggaran penggunaan masker

KLIKMANADO.COM - Kasus Harian Covid 19 terus mengalami peningkatan. Hal ini diperkirakan sebagai efek dari pemberlakuan pembebasan terbatas pemakaian masker. Karenanya, Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran baru tentang protokol kesehatan dalam acara besar.

Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan pada Pelaksanaan Kegiatan Berskala Besar dalam Masa Pandemi ditandatangani oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Suharyanto pada 21 Juni 2022.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid--19 Wiku Adisasmito mengatakan, bahwa setiap pelaku kegiatan berskala besar wajib menunjukkan status vaksin Covid 19.

Pemerintah menetapkan acara besar sebagai suatu rangkaian aktivitas dalam skala nasional maupun internasional yang mengundang 1.000 orang lebih secara fisik dalam kurun waktu dan tempat yang sama dan/atau melibatkan perwakilan negara.

Wiku menyatakan anak di bawah 6 tahun dan memiliki penyakit komorbid sehingga tidak bisa menerima vaksinasi tidak diperbolehkan mengikuti acara besar.

Anak usia 6-17 tahun diperbolehkan masuk dengan dengan wajib vaksinasi dosis kedua.

Sedangkan usia 18 tahun ke atas diperbolehkan masuk dengan syarat wajib menunjukkan surat vaksin dosis ketiga atau booster.

Selain itu kegiatan berskala besar wajib memberlakukan skrinning Covid--19.

Kegiatan berskala besar yang melibatkan pejabat setingkat menteri ke atas atau VVIP, wajib menunjukkan hasil negatif pemeriksaan RT-PCR maksimal 2 x 24 jam sebelum kegiatan berlangsung

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X