• Minggu, 14 Agustus 2022

Jokowi dan Momen Reshuffle Kabinet, Mengapa Selalu di Hari Rabu?

- Kamis, 16 Juni 2022 | 11:44 WIB
Presiden Jokowi selama menjabat sebagai Presiden RI kerap memilih hari Rabu sebagai hari untuk reshuffle kabinet (Tribunnews)
Presiden Jokowi selama menjabat sebagai Presiden RI kerap memilih hari Rabu sebagai hari untuk reshuffle kabinet (Tribunnews)

KLIKMANADO.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memimpin negeri ini selama dua periode. Dan banyak hal menarik soal kepemimpinannya, mulai dari pembangunan hingga caranya memilih menteri yang akan membantunya bekerja.

Ada hal menarik yang jadi perhatian, saat Jokowi melakukan kocok ulang atau reshuffle kabinet. Hari Rabu selalu jadi pilihan perombakan. Seperti pada Rabu (15/6/2022) kemarin.

Dalam tanggalan Jawa, 15 Juni 2022 bertepatan dengan Rebo Pahing. Presiden Jokowi beberapa kali melakukan reshuffle di hari Rabu. Pria asal Solo itu memang terkenal selalu mencari 'hari baik' saat menyampaikan pengumuman penting di kabinet. Dia kerap mengumumkan kebijakan penting di hari weton-nya itu. Rabu merupakan hari weton Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ahmad Dhani Percaya Reinkarnasi, Begini Penjelasannya

Pada periode pertama pemerintahannya, Jokowi melantik enam menteri baru dalam perombakan kabinet pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015 untuk kali pertama. Pejabat kabinet yang dilantik di antaranya menteri koordinator, yakni Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum (Menko Polhukam), Rizal Ramli ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Darmin Nasution menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

Hampir setahun berselang, Jokowi kembali merombak jajaran kabinet. Reshuffle Jilid II juga dilakukan pada Rabu Pon yang jatuh pada 27 Juli 2016. Saat itu, Jokowi merombak besar-besaran susunan kabinetnya.

Setidaknya, Jokowi merombak 13 posisi menteri. Di antaranya, Jokowi memulangkan Sri Mulyani yang sedang menjabat sebagai Direktur Bank Dunia untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Saat itu, Jokowi mendepak Anies Baswedan dari posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan menunjuk Muhadjir Effendy sebagai penggantinya.

Baca Juga: Jokowi Gelar Reshuffle, Ini Daftar Nama Menteri Baru dan yang Dicopot!

Selanjutnya, Jokowi melakukan reshuffle ketiga pada Rabu Pahing, 17 Januari 2018. Saat itu, Khofifah Indar Parawansa mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial karena maju dalam Pilkada Jawa Timur. Jokowi kemudian menunjuk Idrus Marham menggantikan posisi Khofifah.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Timsus Polri Periksa Ferdy Sambo Sebagai Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:55 WIB

Polri Sengaja Tak Beber Motif Penembakan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:15 WIB

Kementan Sebar 800 Ribu Dosis Vaksin PMK

Rabu, 6 Juli 2022 | 22:16 WIB
X