• Minggu, 25 September 2022

Wajib Tahu, ini Arti Warna Darah Menstruasi

- Rabu, 14 September 2022 | 14:35 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

KLIKMANADO.COM – Untuk meminimalkan gangguan kesehatan, wanita perlu tahu arti darah menstruasi. Perubahan pada warna darah menstruasi bisa jadi menunjukkan adanya masalah pada kesehatan.

Meskipun tak selamanya perubahan warna darah menstruasi selalu buruk. Sehingga penting untuk mengetahui apa arti perubahan warna darah menstruasi tersebut. Sebab kondisi kesehatan reproduksi dan organ vital wanita bisa diketahui dari warna darah menstruasi.

Mengenal Arti Warna Darah Menstruasi

Perubahan warna darah menstruasi bisa menjadi alarm agar lebih waspada. Berikut ini arti warna darah menstruasi yang perlu diketahui:

  1. Merah Muda

Darah haid yang keluar bisa saja berwarna merah muda, biasanya muncul pada masa awal haid dan menjelang siklus selesai. Salah satu kondisi yang bisa ditandai dengan darah menstruasi merah muda adalah rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh. Darah merah muda yang keluar mungkin juga adalah lokia, yaitu darah nifas yang umumnya keluar selama beberapa waktu setelah wanita melahirkan.

Baca Juga: Stop Rambut Rontok Dengan Bahan Alami ini

  1. Merah Gelap

Darah haid bisa keluar dengan warna merah gelap. Darah yang berwarna merah gelap juga bisa berarti bahwa wanita masih mengeluarkan darah nifas alias lokia. Selain itu, darah menstruasi yang berwarna gelap juga bisa menjadi tanda bahwa siklus menstruasi akan segera berakhir.

  1. Merah Menyala

Pada awal keluarnya, darah menstruasi umumnya akan berwarna merah menyala. Namun seiring hari, warna darah akan memudar dan menjadi lebih gelap. Hati-hati jika warna merah terang ini terus bertahan dan terjadi secara berlebihan. Kondisi ini disebut bisa menjadi tanda adanya infeksi seperti gonorrhea, hingga gejala fibroids. Keluarnya darah berwarna merah menyala juga bisa menjadi tanda awal kehamilan.

  1. Darah Cokelat

Jika kadar progesteron dalam rahim rendah, maka darah haid akan berwarna coklat. Ini karena darah butuh waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh. Darah haid yang berwarna cokelat juga bisa menjadi tanda bahwa siklus menstruasi akan segera berakhir.

Halaman:

Editor: V Aganitji

Sumber: Halodoc.com

Terkini

Wajib Tahu, ini Arti Warna Darah Menstruasi

Rabu, 14 September 2022 | 14:35 WIB

Stop Rambut Rontok Dengan Bahan Alami ini

Sabtu, 10 September 2022 | 18:46 WIB

Bersihkan Hati, Konsumsi Makanan ini

Sabtu, 10 September 2022 | 17:19 WIB

Ingin Turunkan Berat Badan, Coba Konsumsi Sarapan ini

Jumat, 9 September 2022 | 20:16 WIB

Kaya manfaat, Jangan Ragu Konsumsi Susu Almond

Jumat, 9 September 2022 | 19:29 WIB

Lirik dan Chord Lagu Ojo Dibandingke

Rabu, 17 Agustus 2022 | 23:10 WIB

Lakukan ini Untuk Kendalikan Tekanan Darah Tinggi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:39 WIB

Pakai Sepatu Tapi Ogah Pakai Kaus Kaki, ini Bahayanya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:12 WIB

Digigit Serangga, Coba Redakan Dengan Bahan Alami ini

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:11 WIB

Sering Digigit Nyamuk, Bisa Jadi ini Sebabnya

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:43 WIB
X