• Selasa, 7 Februari 2023

Temui Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia, AHY Perkuat Hubungan Bilateral AusIndo

- Rabu, 30 November 2022 | 19:26 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui sejumlah pemimpin politik dan pemerintah Australia di Canberra, Senin (28/11/2022).
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui sejumlah pemimpin politik dan pemerintah Australia di Canberra, Senin (28/11/2022).

KLIKMANADO.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui sejumlah pemimpin politik dan pemerintah Australia di Canberra, Senin (28/11/2022).

AHY juga menjalankan “people to people diplomacy” dengan menemui para akademisi terkemuka di kampus-kampus besar di Australia.

"Kunjungan saya kali ini untuk memenuhi undangan pemerintah Australia. Dulu, terakhir saya ke Australia menjalankan misi kerja sama militer. Kali ini, saya kembali memperkuat relasi bilateral Indonesia-Australia untuk mengokohkan fondasi perdamaian dan stabilitas kawasan di Indo-Pasifik," kata alumnus Kennedy School of Government, Harvard University tersebut.

Di Canberra, AHY bertemu dan berdiskusi dengan Gubernur Jenderal David J. Hurley, selaku simbol perwakilan Raja Inggris.

AHY juga berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Australia Penny Wong, Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Richarf Marles, Menteri Industri dan Science Ed Husic, dan sejumlah senator ternama dari Partai Buruh dan juga Partai Liberal.

"Ada banyak isu-isu fundamental yang kami diskusikan, untuk pembangunan ekonomi, demokrasi dan juga meningkatkan hubungan bilateral AusIndo, seperti yang dulu dilakukan oleh Presiden SBY," ujar AHY.

AHY menekankan, ia menyampaikan sejumlah isu pokok di berbagai forum tersebut.

"Pada tataran global, saya menyoroti multilateralisme yang bermasalah, juga rivalitas AS dan Cina di kawasan Indo-Pasifik. Sebagai negara "middle power", saya berharap Indonesia dan Australia bisa bersama-sama menjaga stabilitas kawasan di Indo-Pasifik," sebutnya.

Selain itu, AHY menyampaikan tiga tantangan dan peluang bagi hubungan bilateral Indonesia dan Australia.

Halaman:

Editor: Marcelino

Tags

Terkini

Inilah 5 Sungai Terpanjang Di Dunia

Senin, 6 Februari 2023 | 10:55 WIB

Ingin Ketemu BTS di Korsel, Dua Remaja Pakistan Kabur

Kamis, 12 Januari 2023 | 22:24 WIB

Sang Legenda Sepak Bola Pele Meninggal Dunia

Jumat, 30 Desember 2022 | 19:17 WIB

Positif Covid-19, Presiden Italia Jalani Isolasi

Senin, 12 Desember 2022 | 20:36 WIB

Atasi Anak Kecanduan Game Online, China Lakukan ini

Kamis, 24 November 2022 | 21:53 WIB

Terpopuler

X