• Rabu, 7 Desember 2022

Atasi Anak Kecanduan Game Online, China Lakukan ini

- Kamis, 24 November 2022 | 21:53 WIB
Ilustrasi anak bermain game
Ilustrasi anak bermain game



KLIKMANADO.COM – Pemerintah China memberlakukan pembatasan bermain game. Hal ini menyusul laporan kecanduan video game di kalangan anak muda di China.

Pembatasan ini mulai diberlakukan Agustus 2021 lalu, dimana anak-anak tidak bisa bermain video game lebih dari tiga jam per-minggunya. Dikutip dari CNBC, sebanyak 75% gamer muda telah mematuhi aturan tersebut setelah satu tahun pemberlakukan pembatasan tersebut. Hal ini sesuai laporan dari Komite Grup Industri Game.

Salah satu platform TikTok versi China, Douyin melarang anak dibawah 14 tahun untuk menggunakan aplikasi ini selama lebih dari 40 menit setiap hari. 

Namun pembatasan bermain game nampaknya tidak akan efektif karena masuknya musim dingin dan lonjakan kasus Covid-19 di China. Kedua fenomena tersebut membuat masyarakat akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, termasuk anak-anak.

BBC menuliskan beberapa orang tua akhirnya mengizinkan anak-anak untuk mengakses akun mereka. Dengan begitu anak-anak bisa terhibur selama di rumah.

Selain anak-anak, orang tua di China juga mulai menggemari bermain game. Banyak penghuni panti jompo bermain game online sebagai cara terhubung dengan cucu mereka, seperti dilaporkan surat kabar China Daily.

Terkait laporan tersebut, pakar pasar games di Asia Niko Partners mengatakan latar belakang laporan merupakan penurunan pendapatan di China.

Pendiri Niko Partners, Lisa Cosmas Hanson berpendapat kemungkinan masa depan akan lebih positif. Dia beralasan karena adanya momentum ekonomi, e-sports, game PC dan gamer berjumlah lebih dari 700 juta orang.

"Dengan persetujuan permainan lagi dan penyesuaian peraturan anak muda di tingkat lokal, kami melihat pandangan lebih positif yang mulai berkembang," jelasnya.(***)

 

Halaman:

Editor: V. Aganitji

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Atasi Anak Kecanduan Game Online, China Lakukan ini

Kamis, 24 November 2022 | 21:53 WIB

Bayi Filipina Ini Jadi Penduduk Dunia ke 8 Miliar

Jumat, 18 November 2022 | 12:37 WIB

Trump Umumkan Siap Nyapres di Pemilu AS 2024

Jumat, 18 November 2022 | 11:22 WIB

Putin Bakal Absen di KTT G20 Bali

Kamis, 10 November 2022 | 13:47 WIB
X