• Selasa, 7 Februari 2023

WHO Umumkan Ancaman Kolera, Dapat Membunuh dalam Waktu Beberapa Jam

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:17 WIB
Markas WHO Jenewa
Markas WHO Jenewa

KLIKMANADO.COM- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peryataan soal kasus kolera yang tahun ini melonjak. Terutama di wilayah dengan tingkat kemiskinan dan konflik yang tinggi. Wabah dilaporkan di 26 negara dengan tingkat kematian meningkat tajam.

Melansir Reuters, pada tahun tertentu, kurang dari 20 negara melaporkan wabah penyakit yang disebarkan melalui konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi dan dapat menyebabkan diare akut ini.

Baca Juga: Penumpang Mengaku Bawa Bom, Singapura Kirim Jet Tempur Kawal Pesawat Singapore Airlines

"Setelah bertahun-tahun menurun jumlahnya, kami melihat peningkatan yang sangat mengkhawatirkan dari wabah kolera di seluruh dunia selama setahun terakhir," kata Philippe Barboza, Ketua Tim WHO untuk Kolera, mengatakan pada konferensi pers di Jenewa, Jumat (30/9/2022).

Barboza mengatakan tingkat kematian rata-rata akibat kolera sepanjang tahun mencapai hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan rata-rata lima tahun dan saat ini sekitar 3% persen di Afrika.

Baca Juga: Ditemukan di India, Flu Tomat Serang Anak-Anak

Sementara sebagian besar dari mereka yang terkena akan memiliki gejala ringan atau tanpa gejala. Namun kolera dapat membunuh dalam beberapa jam jika tidak diobati.

Wabah kolera di Suriah telah menewaskan sedikitnya 33 orang. Ini menimbulkan bahaya di garis depan perang selama 11 tahun di negara itu dan menimbulkan ketakutan di kamp-kamp para pengungsi yang penuh sesak.

Dia mengatakan hanya beberapa juta dosis vaksin yang tersedia untuk digunakan sebelum akhir tahun ini akibat kekurangan produsen. Namun WHO mengatakan menyimpan persediaan darurat vaksin kolera.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 5 Sungai Terpanjang Di Dunia

Senin, 6 Februari 2023 | 10:55 WIB

Ingin Ketemu BTS di Korsel, Dua Remaja Pakistan Kabur

Kamis, 12 Januari 2023 | 22:24 WIB

Sang Legenda Sepak Bola Pele Meninggal Dunia

Jumat, 30 Desember 2022 | 19:17 WIB

Positif Covid-19, Presiden Italia Jalani Isolasi

Senin, 12 Desember 2022 | 20:36 WIB

Atasi Anak Kecanduan Game Online, China Lakukan ini

Kamis, 24 November 2022 | 21:53 WIB

Terpopuler

X