• Minggu, 14 Agustus 2022

Nekat Selundupkan Burger McDonald's, Pria Australia Didenda

- Senin, 1 Agustus 2022 | 18:54 WIB
Ilustrasi Burger.
Ilustrasi Burger.

   

KLIKMANADO.COM - Denda AU$ 2.664 atau setara Rp 27 juta dijatuhkan kepada seorang pria asal Australia yang baru kembali dari Bali.  Pasalnya seekor anjing pendeteksi di Bandara Darwin berhasil mengendus sarapan McMuffins dari McDonald's yang dimasukkan ke dalam ransel saat ia mendarat di Bandara Darwin.

Sanksi itu diterapkan Autralian sebagai bagian dari upaya biosekuriti untuk menghentikan penyakit mulut dan kuku ke negara itu. Sehingga Australia melarang keras siapapun yang masuk ke negara itu membawa makanan.

Baca Juga: Konglomerat Ukraina Tewas Dalam Serangan Rusia

Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Murray Watt dalam sebuah pernyataan dilansir dari 7NEWS.com.au yang dikutip Tempo.co menyebutkan, anjing pendeteksi Zinta mencium ransel penumpang. Setelah diperiksa lebih lanjut, ditemukan bahwa mereka membawa berbagai barang berisiko.

“Dua telur dan sosis daging sapi McMuffins dari McDonald di Bali dan ham croissant adalah item menu yang menarik perhatian anjing pelacak biosekuriti Zinta," sebut Watt. Menurutnya ini akan menjadi makanan Maccas termahal yang pernah dimiliki penumpang ini.

Lanjutnya denda tersebut dua kali lipat dari biaya tiket pesawat ke Bali.

Baca Juga: ‘Diserang’ Cacar Monyet, New York Susul San Fransisco Berlakukan Darurat Kesehatan

Sementara itu pihak berwenang Indonesia mengkonfirmasi pada 5 Juli bahwa telah terjadi wabah penyakit mulut dan kuku pada ternak. Australia menjadi ekstra waspada di perbatasan agar tak menular ke hewan ternak. Dimana penyakit ini bisa bertahan dalam daging dan produk susu walaupun dalam keadaan beku, dingin atau beku-kering.

Pelancong yang memasuki Australia dengan visa sementara juga dapat berisiko dibatalkan jika membawa makanan berbahan daging dan susu ke Australia. Pihak berwenang memastikan para turis tidak dapat memasuki negara tersebut.

Halaman:

Editor: Arther Royke

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

FBI Cari Dokumen Nuklir di Rumah Donald Trump

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:47 WIB

35 Orang Terinfeksi LayVdi Timur China

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:49 WIB

Konglomerat Ukraina Tewas Dalam Serangan Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 08:59 WIB

Sebelum Sri Lanka, 8 Negara ini Pernah Bangkrut

Jumat, 22 Juli 2022 | 10:44 WIB
X