• Minggu, 14 Agustus 2022

Curhat ke Jokowi Soal Rusia, Presiden Ukraina : Terima Kasih Atas Dukungan Rakyat Indonesia

- Kamis, 30 Juni 2022 | 08:36 WIB
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Ukraina  Volodymyr Zelenskyy (IG @jokowi)
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (IG @jokowi)

KLIKMANADO.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam agendanya di G7 Jerman menyempatkan diri mengunjungi Ukraina dan bertemu Presiden Volodymyr Zelenskyy.

Dalam sejarah hubungan diplomatic, kedatangan Jokowi merupakan kunjungan pertama Presiden Indonesia ke negara yang sedang bergelut dengan perang itu.

Baca Juga: Pesona Presiden RI di KTT G7, Ini Foto-foto Keakraban Jokowi Dengan Pemimpin Dunia

Ia pun berterima kasih atas kunjungan Jokowi tersebut, dan menekankan pentingnya peran Indonesia dan pribadi Jokowi di kancah internasional terkait kondisi yang sedang dialami Ukraina saat ini.

"Dan ini, omong-omong, adalah kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kyiv sejak awal perang Rusia skala penuh. Kami sangat menghargainya dan berterima kasih kepada Anda," kata Zelenskyy saat melakukan pidato keduanya, Rabu (29/6/2022) malam waktu setempat, dikutip dari situs resmi kepresidenan Ukraina.

Baca Juga: Puluhan Jenazah Migran Ditemukan Dalam Truk Kontainer, Peristiwa Penyelundupan Manusia Paling Mematikan di AS

Momen pertemuan itu pun dimanfaatkan Zelensky untuk curhat soal kondisi Negaranya yang sedang dalam perang dengan Rusia.

"Anda sekarang mewakili G20 di Kyiv, yang saat ini diketuai Indonesia. Salah satu asosiasi paling kuat di dunia, ASEAN, yang akan dipimpin negara Anda tahun depan," ujarnya lagi.

Menurutnya kedatangan RI merupakan langkah penguatan koalisi negara-negara anti perang global. Ia meyakini hal itu data memulihkan dan menjamin stabilitas dunia.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FBI Cari Dokumen Nuklir di Rumah Donald Trump

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:47 WIB

35 Orang Terinfeksi LayVdi Timur China

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:49 WIB

Konglomerat Ukraina Tewas Dalam Serangan Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 08:59 WIB

Sebelum Sri Lanka, 8 Negara ini Pernah Bangkrut

Jumat, 22 Juli 2022 | 10:44 WIB
X