• Minggu, 14 Agustus 2022

Berantas Korupsi, Partai Komunis China Awasi Ketat Bisnis Keluarga Pejabat

- Senin, 20 Juni 2022 | 09:00 WIB
Partai Komunis yang memerintah China melakukan upaya pemberantasan korupsi. (Tempo.co)
Partai Komunis yang memerintah China melakukan upaya pemberantasan korupsi. (Tempo.co)


KLIKMANADO.COM - Partai Komunis yang memerintah China mengeluarkan aturan baru terkait pengendalian kegiatan bisnis keluarga pejabat senior pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai langkah terbaru untuk memerangi korupsi.

Dikutip dari kata kantor berita resmi Xinhua, Minggu (19/6/2022), pejabat diharuskan melaporkan kegiatan bisnis keluarga. Mulai dari istri hingga anak-anak mereka.

Yang tidak melapor atau berusaha untuk menghindari aturan akan "ditangani secara serius sesuai dengan peraturan dan hukum", sebagaimana ketentuan yang dikeluarkan oleh Komite Sentral Partai Komunis.

Baca Juga: Ratusan Pesepeda Bugil Keliling Kota untuk Kampanye Peduli Lingkungan

Pasangan dan anak-anak pejabat harus mundur dari kegiatan bisnis mereka atau pejabat itu sendiri yang mundur dari jabatan mereka dan "menerima penyesuaian pekerjaan" serta menghadapi bentuk hukuman lain.

Kegiatan bisnis tersebut termasuk berinvestasi di perusahaan, memegang posisi senior di perusahaan swasta atau perusahaan yang didanai asing, investasi dana ekuitas swasta, dan terlibat dalam perantara sosial berbayar dan layanan hukum, kata Xinhua.

Baca Juga: Qatar Larang Seks Bebas, Bendera LGBT, dan Alkohol di Piala Dunia 2022

Keluarga besar kader Partai telah menjadi medan pertempuran utama dalam perang melawan korupsi Presiden Xi Jinping, yang telah menghukum ribuan pejabat sejak ia berkuasa pada akhir 2012.

Banyak kasus korupsi melibatkan pejabat yang mendaftarkan bisnis dan properti atas nama kerabat, sehingga memungkinkan mereka untuk memenuhi surat pedoman partai sambil tetap menggunakan pengaruh mereka untuk mengumpulkan kekayaan. (***)

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rakesh Jhunjhunwala, Crazy Rich India Meninggal Dunia

Minggu, 14 Agustus 2022 | 23:01 WIB

FBI Cari Dokumen Nuklir di Rumah Donald Trump

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:47 WIB

35 Orang Terinfeksi LayVdi Timur China

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:49 WIB

Konglomerat Ukraina Tewas Dalam Serangan Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 08:59 WIB

Sebelum Sri Lanka, 8 Negara ini Pernah Bangkrut

Jumat, 22 Juli 2022 | 10:44 WIB
X