• Selasa, 7 Februari 2023

Bappebti : 383 Aset Kripto Sah Diperdagangkan

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:13 WIB
Ilustrasi mata uang kripto.
Ilustrasi mata uang kripto.

 

 

 

KLIKMANADO.COM – Sebanyak 383 daftar aset kripto disahkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Penetapan ini menurut  Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga melalui Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Perba) nomor 11 tahun 2022 tentang penetapan daftar aset kripto yang diperdagangkan di pasar fisik aset kripto. Ini juga sekaligus mencabut peraturan sebelumnya, yaitu Perba nomor 7 tahun 2020.

Dalam konferensi pers yang digelar virtual, Senin (15/08/2022) Sambuaga menyatakan bahwa penertian Perba ini dimaksudkan untuk mengakomodir secara khusus industri asset kripto di Indonesia serta secara global bagi para calon pedagang asset kripto.

“Hal ini sesuai dengan pertumbuhan data jumlah pelanggan dan volume transaksi aset kripto yang terus meningkat, serta jenis aset kripto yang terus bertambah," kata Sambuaga.

  1. 383 aset kripto sah diperdagangkan di pasar fisik

Dalam Perba tersebut, kata Jerry, ditetapkan sebanyak 383 jenis aset kripto yang dapat diperdagangkan di pasar fisik aset kripto. Sedangkan, untuk jenis aset kripto di luar daftar tersebut, wajib dilakukan delisting oleh calon pedagang fisik aset kripto dengan diikuti langkah penyelesaian bagi setiap pelanggan aset kripto.

"Sebelumnya, sesuai Peraturan Bappebti nomor 7 tahun 2020 jenis aset kripto yang diperdagangkan berjumlah 229 jenis. Namun, karena adanya usulan dari pelaku pasar dan berdasarkan evaluasi Bappebti, serta meningkatnya pertumbuhan transaksi aset kripto, maka daftar aset kripto yang diperdagangkan diusulkan untuk disesuaikan," kata Jerry.

Halaman:

Editor: V Aganitji

Sumber: idntimes

Tags

Terkini

Belanja di Thailand Kini Bisa Pakai Rupiah

Sabtu, 3 September 2022 | 17:42 WIB

Bappebti : 383 Aset Kripto Sah Diperdagangkan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Terpopuler

X