• Selasa, 7 Februari 2023

Uang Nasabah Hilang Rp 5,4 Miliar Akibat Skimming di Bank SulutGo Oleh WNA Asal Bulgaria

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 21:58 WIB
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulut, Kombes Pol Nasriadi saat menjelaskan tentang penangkapan pelaku kejahatan perbankan Skimming di Bank SulutGo
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulut, Kombes Pol Nasriadi saat menjelaskan tentang penangkapan pelaku kejahatan perbankan Skimming di Bank SulutGo

KLIKMANADO.COM - Kejahatan perbankan yang melibatkan dua warga negara asing (WNA) asal Bulgaria, Alex Martin Ivanov dan Valentin Konstadinov, mengungkap fakta mengejutkan terkait kerugian yang disebabkan oleh Skiming di Bank SulutGo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulut, Kombes Pol Nasriadi, membeberkan fakta kejahatan perbankan Skimming di Bank SulutGo yang dilakukan WNA asal Bulgaria ini menyebabkan kerugian uang nasabah hingga Rp 5,4 miliar.

Nasriadi mengatakan, uang nasabah hilang Rp 5,4 miliar tersebut diakibatkan transaksi-transaksi yang dilakukan para pelaku setelah sebelumnya memasang alat Skimming di sejumlah ATM milik Bank SulutGo.

Baca Juga: Pelaku Skimming di Bank SulutGo Ternyata 2 WNA Bulgaria, Ditangkap di Bali dan Kupang

Menurut Nasriadi, ada 634 transaksi yang dilakukan para WNA asal Bulgaria ini dengan bermodalkan alat Skimming yang dipasang di 26 gerai ATM milik Bank SulutGo.

"Total para pelaku mencuri Rp 5,4 miliar dari 634 transaksi," kata Nasriadi.

Lanjut dikatakan Nasriadi, ada juga transaksi yang dilakukan melalui Indodax Virtual Account sebesar Rp 3,3 miliar. Mereka juga berhasil menarik uang tunai Rp 450 juta dari kejahatan Skimming tersebut.

Sementara itu, kedua WNA asal Bulgaria ini datang ke Kota Manado pada bulan Mei 2022 dan kemudian beroperasi pada bulan Juni 2022 untuk memasang alat skimming yang diperuntukan untuk mencuri data nasabah dari 26 gerai ATM Bank SulutGo.

Baca Juga: Dua Remaja Jadi Pelaku Curanmor di Manado Lantaran Masalah Ekonomi

Halaman:

Editor: Anshar J

Tags

Terkini

Belanja di Thailand Kini Bisa Pakai Rupiah

Sabtu, 3 September 2022 | 17:42 WIB

Bappebti : 383 Aset Kripto Sah Diperdagangkan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Terpopuler

X