• Selasa, 7 Februari 2023

Dirjen Pajak Bakal Pungut Bea Belanja Online Meterai Rp 10 Ribu

- Selasa, 14 Juni 2022 | 16:07 WIB
Ilustrasi penggunaan meterai Rp 10 ribu (Istimewa)
Ilustrasi penggunaan meterai Rp 10 ribu (Istimewa)

KLIKMANADO.COM- Anda suka belanja online? Kini ada kabar terbaru dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, yang bakal menarik bea meterai Rp10 ribu untuk pelanggan platform digital termasuk belanja online di e-commerce.

Namun bea ini hanya untuk transaksi pembelian di atas Rp5 juta rupiah, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (14/6/2022).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor mengatakan aturan ini tertuang dalam Undang-Undang nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Materai.

Baca Juga: Nyaris Rp 20 Ribu Per Liter, Harga Bensin di Amerika Tertinggi Sepanjang Masa!

"Mengenai bea meterai yang akan dikenakan terhadap dokumen pada transaksi e-commerce, secara umum diatur dalam UU Bea Materai," ujarnya.

Menurut dia, segala pertimbangan telah dilakukan oleh DJP sebelum menetapkan pengenaan bea meterai Rp10 ribu untuk dokumen transaksi di e-commerce.

"Mengenai potensi dan risiko atas pengenaan bea meterai juga telah menjadi pertimbangan DJP dalam meluncurkan ketentuan ini," terang dia.

DJP pun terus melakukan diskusi dengan asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) terkait dengan pengenaan bea meterai Rp10 ribu tersebut.

Baca Juga: Rentan Diretas, Ini Daftar iPhone yang Tak Bisa Update iOS 16

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Belanja di Thailand Kini Bisa Pakai Rupiah

Sabtu, 3 September 2022 | 17:42 WIB

Bappebti : 383 Aset Kripto Sah Diperdagangkan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Terpopuler

X