• Rabu, 7 Desember 2022

Direktur IMF Sebut Uang Kripto Ini Penipuan Skema Piramida

- Rabu, 25 Mei 2022 | 08:10 WIB
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva (DW)
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva (DW)

KLIKMANADO.COM – Direktur Pelaksana Internatioan Monetary Fund (IMF) atau Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva menyebut Stablecoin yang tidak didukung oleh aset riil adalah penipuan skema piramida. Hal tersebut diungkap menanggapi runtuhnya TerraUSD dan Terra Luna yang menimbulkan gejolak di pasar cryptocurrency.

Stablecoin adalah jenis cryptocurrency yang bertujuan untuk melacak aset lain. Dalam kasus TerraUSD, atau UST, mereka berjanji untuk melacak dolar AS. Jadi satu UST akan setara dengan satu dolar.

Sedangkan stablecoin lain seperti tether dan USD Coin mengklaim didukung dengan mata uang fiat (uang resmi yang diterbitkan bank sentral) dan obligasi pemerintah, UST tidak memiliki cadangan. Sebaliknya, kemampuan UST untuk mematok dirinya sendiri terhadap dolar mengandalkan algoritme.

Episode tersebut memicu kemerosotan besar-besaran dalam pasar cryptocurrency yang membuat nilai miliaran dolar terhapus dari pasar.

Baca Juga: Volkswagen Berjanji Salip Penjualan Mobil Listrik Tesla di 2025

"Ketika kita melihat stablecoin, ini adalah area di mana kekacauan besar terjadi. Jika stablecoin didukung dengan aset, 1-1 itu stabil," kata Kristalina Georgieva, direktur pelaksana IMF, dalam panel yang dimoderatori oleh CNBC Internasional di Forum Ekonomi Dunia, dikutip Selasa (24/5/2022).

Namun, lanjutnya, ketika tidak didukung dengan aset, tetapi dijanjikan untuk memberikan pengembalian 20%, itu adalah skema piramida.

"Apa yang terjadi dengan piramida? Mereka akhirnya hancur berkeping-keping." tuturnya.

Skema piramida atau sering disebut sebagai skema ponzi adalah penipuan investasi yang menjanjikan keuntungan besar bagi mereka yang bergabung duluan.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Sumber: CNBC Indonesia, CNBC International

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Belanja di Thailand Kini Bisa Pakai Rupiah

Sabtu, 3 September 2022 | 17:42 WIB

Bappebti : 383 Aset Kripto Sah Diperdagangkan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:13 WIB
X