• Minggu, 25 September 2022

Cara Klaim JHT di BPJS Naker Berdasar Permenaker 4 Tahun 2022

- Jumat, 20 Mei 2022 | 23:33 WIB
Klaim JHT BPJS Naker dipermudah (bpjsketenagakerjaan.go.id)
Klaim JHT BPJS Naker dipermudah (bpjsketenagakerjaan.go.id)

KLIKMANADO.COM – Diterbitkannya Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) seakan memberikan angin segar bagi para buruh atau pekerja ketika hendak melakukan klaim.

Karena dengan adanya Permenaker nomor 4 tahun 2022 itu membuat para buruh atau pekerja lebih mudah ketika hendak mengajukan klaim JHT ke Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Naker).

Hal itu dikarekan dalam Permenaker 4 tahun 2022, buruh atau pekerja ketika hendak mengajukan klaim JHT tak perlu lagi menunggu usia 56 tahun seperti dalam aturan sebelumnya.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah pun menegaskan jika hadirnya Peraturan baru itu merupakan revisi dari Permenaker nomor 2 tahun 2022.

Karena upaya revisi itu sebagai bentuk perhatian atas aspirasi dari para buruh atau pekerja terkait pengajuan klaim JHT.

Fauziyah juga menjelaskan bahwa Permenaker nomor 19 tahun 2015 sudah tidak lagi berlaku.

Baca Juga: Usaha Kuliner Ikan di Kota Bitung Masuk Nominator UCCN

Terlebih soal klaim manfaat JHT bagi peserta yang telah mengundurkan diri serta kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan perusahaan tempatnya bekerja.

“Bisa diambil tunai dan sekaligus setelah melewati masa tunggu satu bulan. Sehingga saat akan melakukan klaim tak lagi harus menunggu usia 56 tahun,” tukas Menaker.

Halaman:

Editor: Marcelino T

Sumber: Sekretariat Kabinet

Tags

Terkini

Belanja di Thailand Kini Bisa Pakai Rupiah

Sabtu, 3 September 2022 | 17:42 WIB

Bappebti : 383 Aset Kripto Sah Diperdagangkan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:13 WIB
X