• Selasa, 7 Februari 2023

Demo Bersama Aliansi Masyarakat Sipil Sulut, AJI Manado Ungkap Pasal dalam KUHP Bahayakan Tugas Jurnalis

- Selasa, 6 Desember 2022 | 20:49 WIB
Para jurnalis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado saat turun ke jalan tolak  UU KUHP (Dok AJI Manado)
Para jurnalis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado saat turun ke jalan tolak UU KUHP (Dok AJI Manado)

 


KLIKMANADO.COM
- Meski banyak penolakan terhadap pengesahan Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP), namun DPR RI tetap mengetuk palu dalam sidang paripurna yang digelar Selasa (6/12/2022)?pagi tadi.

Padahal, sejak Rancangan KUHP ini dibahas di DPR RI, banyak pihak mendesak beberapa pasal untuk dicabut, karena dinilai mengangkangi demokrasi.

Ditengah sidang paripurna DPR RI dengan agenda pengesahan RKUHP berlangsung, Aliansi Masyarakat Sipil Sulawesi Utara (Sulut) yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, LBH Pers Manado, LBH Manado, Prodem, AMAN dan mahasiswa, turun ke jalan untuk menentang disahkannya RKUHP tersebut.

Aksi penolakan RKUHP untuk disahkan DPR RI, berlokasi di tugu Zero Point', pusat Kota Manado, Sulut.

Ketua AJI Manado, Fransiskus Talokon menyerukan, RKUHP yang telah disahkan, terdapat pasal-pasal yang mengekang kebebasan pers.

"AJI mendesak, 17 pasal yang terdapat dalam KUHP harus dicabut. Karena dengan pasal-pasal itu, berpotensi terjadi kriminalisasi terhadap jurnalis, mengangkangi kebebasan pers dan kebebasan berekspresi," seru Talokon.

Dia juga berpendapat, KUHP ini disusun tanpa mendengarkan suara publik.

"Dalam penyusunan RKUHP ini, seharusnya suara publik diakomodir. Jangan disahkan, sementara publik menghendaki pencabutan 17 pasal bermasalah," tutur Talokon.

Koordinator aksi, Yuan Owe menyerukan agar masyarakat bersatu untuk menolak KUHP yang nyata-nyata membatasi hak berpendapat dan suara kritis terhadap penguasa.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Tinjau Pasar Airmadidi

Kamis, 19 Januari 2023 | 22:36 WIB

Terpopuler

X