• Selasa, 7 Februari 2023

Luncurkan Lava dari Puncak Kawah ke Kali Batang Sejauh 1,5 Kilometer, Ini Status Gunung Karangetang

- Sabtu, 5 November 2022 | 10:19 WIB
Aktivitas Gunung Karangetang pada Sabtu (5/11/2022). (Dokumen PGA Karangetang)
Aktivitas Gunung Karangetang pada Sabtu (5/11/2022). (Dokumen PGA Karangetang)

KLIKMANADO.COM - Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara terus beraktifitas. Kali ini, gunung paling aktif itu memuntahkan guguran lava dengan jarak luncuran sejauh 1.500 meter, Sabtu (5/11/2022).

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang Yudi Tatipang, lewat pesan singkat menjelaskan, aktivitas luncuran lava terjadi hari ini pada pukul 06.15 Wita. Dimana luncuran lava satu kali dari puncak kawah utama ke kali batang dengan jarak luncur lebih kurang 1.500 meter atau 1,5 kilometer.

Ia pun mengimbau warga di pinggiran kali Batang, Kampung Dompase, Kecamatan Siau Tengah, Sitaro, agar berhati-hati dalam beraktivitas.

Baca Juga: Tersesat di Gunung Soputan, 7 Pendaki dan Balita Sukses Dievakuasi Tim SAR

"Begitu juga dengan kali yang lain bukaan langsung dari puncak kawah agar tetap miningkatkan kewaspadaan bagi yang beraktivitas," pintanya.

Hingga kini, tambah Yudi, tingkat aktivitas Gunung Karangetang berada pada level II atau waspada.

"Tingkat aktivitas Gunung Karangetang level II (waspada)," sebutnya.

Berdasarkan rekomendasi Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang, masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 1,5 kilometer dari puncak kawah dua (kawah utara) dan kawah utama (selatan) serta area perluasan sektoral ke arah barat sejauh 2,5 kilometer serta sepanjang kali Malebuhe.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Muntahkan Abu Vulkanik, Wisatawan Dilarang Mendekat

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X