• Minggu, 25 September 2022

15 Jurnalis dari Berbagai Media dan Daerah di Sulut Tuntas Belajar Soal Keselamatan dan Keamanan Holistik

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:06 WIB
Foto bersama peserta Pelatihan Dasar Keselamatan dan Keamanan Holistik
Foto bersama peserta Pelatihan Dasar Keselamatan dan Keamanan Holistik

KLIKMANADO.com - Sebanyak 15 jurnalis dari berbagai media dan daerah di Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menyelesaikan Pelatihan Dasar Keselamatan dan Keamanan Holistik.

Pelatihan yang digelar di Kota Kotamobagu tersebut merupakan program dari Konsorsium Jurnalisme Aman, yakni Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN), Yayasan TIFA dan Human Right Watch Group (HRWG).

Kelas Belajar yang diampuh oleh Zonautara.com dipercaya menggelar pelatihan Jurnalisme Aman tersebut selama dua hari pada Sabtu, (6/8/2022) hingga Minggu (7/8). Pelatihan yang digelar di Hotel Sapadia Kotamobagu itu, juga didukung penuh oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado.

Baca Juga: Berharap Dibangunkan Tower Telekomunikasi, Warga Talawaan dan Dimembe Keluhkan Akses Internet

Fasilitator kegiatan yang juga Pimpinan Redaksi Zonautara.com, Ronny Adolof Buol mengatakan, pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari Training of Trainer (TOT) Keselamatan dan Keamanan Holistik bagi Jurnalis yang digelar di Jakarta pada akhir Mei lalu.

"Pelatihan ini menjadi penting karena hingga saat ini jruanlis masih belum aman saat bekerja. Banyak jurnalis yang mengalami impunitas, diskriminasi, kekerasan, ancaman hingga kriminialisasi UU ITE," kata Ronny.

Menurut Ronny, kegiatan ini mendapat respon yang cukup positif, mengingat pelatihan seperti ini nyaris belum pernah dilakukan di Sulut terutama di wilayah Kota Kotamobagu.

Baca Juga: Capai Rp7.000 Triliun, Luhut Pandjaitan Sebut Utang Indonesia Terkecil di Dunia

"Cukup banyak yang mendaftar namun belum bisa kami akomodir semua. Semoga 15 jurnalis yang sudah menyelesaikan semua sesi selama pelatihan, bisa kembali membagi apa yang mereka dapatkan selama pelatihan kepada teman-teman jurnalis lainnya di daerah asal mereka," ungkap Ronny.

Halaman:

Editor: Adolof RB

Tags

Terkini

X