• Minggu, 14 Agustus 2022

Berpotensi Konflik, Bupati Ganda Siapkan Penjabat Hukum Tua

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:34 WIB
Bupati Minahasa Utara Joune Ganda memimpin apel. (Dok. Diskominfo Minahasa Utara.)
Bupati Minahasa Utara Joune Ganda memimpin apel. (Dok. Diskominfo Minahasa Utara.)

 

KLIKMANADO.COM – Menyikapi berpotensi konflik di sejumlah desa, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE MAP akan menugaskan penjabat Hukum Tua untuk menjalankan pemerintahan. Namun demikian Bupati berharap agar pelaksanaan  Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“Untuk desa yang berpotensi konflik, akan dikirim penjabat dulu, sampai desa tersebut aman dan damai tidak ada dinamika yang terlalu kuat. Karena kalau dilaksanakan akan terjadi konflik. Sesama keluarga bisa saja berseteru karena Pilhut. Jadi lebih baik Pemkab kirim penjabat. Lihat aturannya kalau sudah  ada kata sepakat baru dilaksanakan tahap berikutnya,” ungkap Bupati di Pendopo Kantor Bupati, Senin (01/08/2022).

Baca Juga: Pengadilan Iran Jatuhkan Vonis Cungkil Mata Terdakwa

Bupati Ganda mengungkapkan bahwa ada 18 desa dari 46 desa yang akan menggelar Pilhut memiliki Bakal Calon (Balon) lebih dari lima orang. Menurutnya, ke-18 desa ini akan mendapat perhatian khusus karena  memiliki potensi dinamika tinggi.

“Ada kejadian luar biasa di tahapan Pilhut kali ini. Dimana pendaftar lebih dari lima. Bahkan Ada yang sampai 14 orang. Saya melihat ada potensi dinamika yang tinggi. Untuk itu panitia pemilihan kabupaten harus lebih memperhatikan 18 desa ini, karena kita akan coret bakal calon dan ini memiliki potensi dinamika yang tinggi,” papar Ganda.

Baca Juga: Pernah Raih Penghargaan Antikorupsi dari KPK, Kades Ini Ditangkap Karena Minta Jatah Proyek

Lanjutnya Bupati, proses seleksi lanjutan ini harus dilaksanakan setransparan mungkin. “Jangan sampai nantinya ada anggapan, karena bukan ‘orang’ Bupati, Wabup atau Sekda kemudian tidak masuk,” tegasnya.

Hingga penutupan pendaftaran pada 22 Juli 2022 lalu, sebanyak 238 orangmendaftarkan diri sebagai balon hukum tua di 46 desa. Jumlah balon terbanyakyaitu 14 orang di Desa Paniki Baru, Desa Likupang 1 sebanyak 12 orang sertaDesa Kema 1 sebanyak 9 orang.(***)

Halaman:

Editor: Arther Royke

Sumber: Klik Manado

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awal Agustus, Pajak Daerah Minut Rp35,6 Miliar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:59 WIB

Bayar PBB di Minut Kini Lebih Mudah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:52 WIB

Komplotan Pencuri Sapi di Mitra Ditembak Polisi

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:14 WIB

Petani Milenial di Minut Panen Jagung

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:49 WIB

Menteri Sandiaga Kunjungi Wisata Desa Budo

Senin, 1 Agustus 2022 | 00:22 WIB
X