• Minggu, 14 Agustus 2022

Pemkab Minut Terima Bantuan Fasilitas Pengelolaan Sampah Dari KLHK

- Rabu, 27 Juli 2022 | 06:49 WIB
Bupati Minut Joune Ganda menerima bantuan pengelolaan sampah dari KLHK (Dok. Humas Pemkab Minut)
Bupati Minut Joune Ganda menerima bantuan pengelolaan sampah dari KLHK (Dok. Humas Pemkab Minut)

KLIKMANADO.COM -  Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI memberikan bantuan fasilitas pusat daur ulang dan rumah kompos kepada lima daerah, salah satunya Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Baca Juga: 5 Penjabat Hukum Tua Jadi Bakal Calon di Pilhut Minut

Bantuan ini diserahkan Selasa (26/07) dan diterima oleh Bupati Minut Joune J.E. Ganda di Hotel Mulia Jakarta.  Bupati Ganda mengucapkan terima kasih, karena Kabupaten Minut menjadi salah satu dari lima daerah yang menerima bantuan fasilitas pengelolaan sampah yang berkapasitas kapasitas 2 ton/hari.

Menurut Bupati, pengelolaan sampah adalah kewajiban bersama sebagai penghasil sampah. “Untuk itu kita harus bertanggung jawab menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat,” katanya.

Baca Juga: 124 Kumtua di Minahasa Kunker ke Bayuwangi

Fasilitas ini diharapkan akan membantu peningkatan kapasitas dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Minut. “Sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan. Fasilitas ini juga akan menjadi salah satu faktor penunjang bagi Kabupaten Minut sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP),” tukas Bupati.

Baca Juga: Belajar Bersama dan Berbagi dengan GAMKI Sulut, Tinangon: Tanpa Rakyat, Demokrasi Mati!

Pemerintah menurut Bupati telah mengeluarkan kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sebagaimana tercantum di dalam Perpres Nomor 97 Tahun 2017 sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Minut telah menyusun kebijakan dan strategi daerah yang dijabarkan dalam peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi Kabupaten Minut dalam pengelolaan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Halaman:

Editor: V Aganitji

Sumber: Klik Manado

Tags

Terkini

Awal Agustus, Pajak Daerah Minut Rp35,6 Miliar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:59 WIB

Bayar PBB di Minut Kini Lebih Mudah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:52 WIB

Komplotan Pencuri Sapi di Mitra Ditembak Polisi

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:14 WIB

Petani Milenial di Minut Panen Jagung

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:49 WIB

Menteri Sandiaga Kunjungi Wisata Desa Budo

Senin, 1 Agustus 2022 | 00:22 WIB
X