• Rabu, 7 Desember 2022

Komisi IV DPRD Sulut Minta Disnaker Punya Aplikasi Lowongan Kerja untuk Mudahkan Pencari Kerja

- Kamis, 21 Juli 2022 | 19:34 WIB
Sekretaris Komisi IV DPRD Sulut Cindy Wurangian (Dok Setwan Sulut)
Sekretaris Komisi IV DPRD Sulut Cindy Wurangian (Dok Setwan Sulut)

KLIKMANADO.COM- Sekretaris Komisi IV bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Sulut Cindy Wurangian meminta Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk menyiapkan aplikasi yang memuat database kebutuhan kerja atau lowongan kerja, serta data pencari kerja yang ada di daerah ini.

Menurut Cinya, hal ini disampaikan ia sampaikan pada hearing atau rapat dengar pendapat dengan Disnaker Provinsi Sulut, Senin (18/7/2022) lalu.

“Kita bisa bayangkan bagaimana dengan anak-anak yang tidak ada akses ke Disnaker. Kalau ada database maka itu akan sangat membantu mereka tidak perlu lagi secara fisik bertemu dengan Pak Lucky dan Ibu Rahel, namun bisa langsung di aplikasi,” terang Wurangian kepada wartawan, Kamis (21/7/2022) sore.

Baca Juga: Komnas HAM Surati Gubernur Sulut Terkait Larangan Ritual Laroma di Minsel

Menurut Cindy, database sangat penting untuk memudahkan pencari kerja, demikian dengan perusahan yang membutuhkan tenaga kerja, semua bisa diakses di satu aplikasi.

“Contoh saya punya ponakan baru selesai kuliah lulusan dari AS jurusan ahli waris, dimana jurusan ini masih baru tapi permintaan begitu tinggi. Setelah kembali ke Indonesia dia bingung, dan kami bingung mau memasukan lamaran ke mana. Dengan adanya aplikasi dengan database lengkap maka dia bisa langsung mengakses lewat android atau smartphone, juga bisa langsung mengakses bahkan mengirimkan lamaran ke perusahaan. Misalnya ke BCA atau lainnya,” ucapnya.

Baca Juga: Bakal Miliki Gedung Sekretariat Parpol Terbesar di Sulut, Ini Target NasDem di 2024

Sebelumnya Kabid Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Lucky Taju menjelaskan berbagai program untuk pencari kerja lebih dititik beratkan melalui kegiatan job fair yang bekerjasama dengan sejumlah instansi dan perusahan yang dipublikasikan melalui media sosial. Bahkan juga program magang ke luar negeri.
“Namun semunya harus mendaftar ke kantor Disnaker,” tandasnya. (***)

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Realisasi Pajak Daerah Minut Hampir Capai Target

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:03 WIB

2 Remaja Pelaku Curanmor di Kauditan Dibekuk Polisi

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:57 WIB

Turun Reses, Ini Aspirasi yang Dijaring Herol Kaawoan

Sabtu, 26 November 2022 | 13:06 WIB
X