• Minggu, 14 Agustus 2022

Sulawesi Utara Zero Kasus, Pemprov Jamin Hewan Kurban Bebas PMK

- Selasa, 5 Juli 2022 | 07:41 WIB
Pemeriksaan kesehatan hewan sapi yang akan dikurbankan akan dilakukan oleh Distanak Sulawesi Utara (Dok beritasatu ilustrasi)
Pemeriksaan kesehatan hewan sapi yang akan dikurbankan akan dilakukan oleh Distanak Sulawesi Utara (Dok beritasatu ilustrasi)

KLIKMANADO.COM- Jelang hari raya Idul Adha tahun 2022, pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) melaksanakan pemeriksaan dan pengawasan hewan kurban di sejumlah titik, seperti di Pasar Bersehati dan Rumah Potong Hewan (RPH).

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang hari raya Idul Adha, kami melakukan pengecekan ketersediaan stok hewan kurban sapid an kambing. Ini dalam rangka memastikan apakah stok hewan kurban di Sulut tercukupi atau tidak,” ungkap Plh Kepala Distanak Sulut, Nova Wilhelmina Pangemanan, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Beli Minyak Goreng Harus Pakai Aplikasi Peduli Lindungi Disebut Sebagai Kebijakan Ngawur

Ia meminta umat muslim tidak perlu kuatir soal ketersediaan hewan kurban yang mencukupi, menurut dia tidak perlu di fakta di lapangan ketersediaan hewan kurban tetap ada.

“Masyarakat muslim tak perlu kuatir, pemerintah menjamin jamin ketersediaan hewan kurban di Sulut tetap tersedia dan bebas penyakit mulut dan kulit atau PMK,” tegas Pangemanan.

Baca Juga: Lakukan Komparasi Studi Strategis Dalam Negeri, Lemhanas RI Datangi DPRD Sulut

Lanjutnya, stok hewan kurban di Sulawesi Utara tidak didatangkan dari daerah lain melainkan hewan kurban dari peternak lokal.

"Ini dalam rangka mengantisipasi masuknya wabah virus PMK. Jadi, stok hewan kurban di Sulut aman dari PMK. Dan Pemprov melalui Distanak menghimbau kembali kepada warga yang ingin membeli hewan kurban kepada peternak lokal tak perlu kuatir karena sampai saat ini, Sulut menjadi wilayah dengan 0 kasus,” imbuhnya.

Pangemanan juga menegaskan sebelum hewan kurban disembeli, Distanakda Sulut akan melakukan pemeriksaan secara medis, apakah mereka terjangkut penyakit seperti cacing hati, kudisan dan penyakit lain.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awal Agustus, Pajak Daerah Minut Rp35,6 Miliar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:59 WIB

Bayar PBB di Minut Kini Lebih Mudah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:52 WIB

Komplotan Pencuri Sapi di Mitra Ditembak Polisi

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:14 WIB

Petani Milenial di Minut Panen Jagung

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X