• Minggu, 14 Agustus 2022

Aktivitas Gempa Vulkanik Gunung Karengtang Dilaporkan Meningkat

- Jumat, 27 Mei 2022 | 21:46 WIB
Gunung Karangetang di pulau Siau Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. (Dok PVMBG)
Gunung Karangetang di pulau Siau Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. (Dok PVMBG)

KLIKMANADO.COM - Aktivitas gempa vulkanik Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, meningkat.

"Aktivitas gempa vulkanik Karangetang meningkat sejak tadi malam," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang, Yudi Tatipang, lewat pesan singkat, Jumat (27/5/2022).

Yudi menjelaskan, berdasarkan periode pengamatan, Kamis (26/5/2022), dua kawah Gunung Karangetang juga mengeluarkan asap.

Baca Juga: Gempa 6,5 M Guncang Maluku Barat Daya

"Kawah utama mengeluarkan asap bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 25 hingga 50 meter di atas puncak kawah. Sedangkan kawah dua mengeluarkan asap putih sedang tekanan agak kuat lebih kurang 25 meter," jelasnya.

Hingga saat ini tingkat aktivitas Gunung Karangetang level II atau waspada.

Sehubungan dengan tingkat aktivitas Gunung Karengetang pada level II, pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi.

Baca Juga: Masih Level III Siaga, Gunung Awu Keluarkan Asap Tinggi hingga 200 Meter

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 1,5 Kilometer dari puncak kawah dua (kawah utara) dan kawah utama (selatan) serta area perluasan sektoral ke arah barat sejauh 2,5 Kilometer serta sepanjang kali Malebuhe," imbaunya.

Halaman:

Editor: Yinthze Gunde

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X