• Selasa, 7 Februari 2023

Kepulauan Talaud Dipilih sebagai Lokasi Pencanangan Gerbangdutas 2022 oleh BNPP

- Rabu, 25 Mei 2022 | 00:55 WIB
Menko PolhukamnMahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP bersama Mendagri) Tito Karnavian selaku Kepala BNPP saat menghadiri Pencanangan Gerbangdutas 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut. (Dok. Polda Sulut)
Menko PolhukamnMahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP bersama Mendagri) Tito Karnavian selaku Kepala BNPP saat menghadiri Pencanangan Gerbangdutas 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut. (Dok. Polda Sulut)

KLIKMANADO.COM - Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), dipilih sebagai lokasi pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Selasa (24/5/2022).

Talaud lokasinya paling utara wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesa (NKRI) dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Personel Polres Kepulauan Talaud dan jajaran mengamankan jalannya kegiatan Gerbangdutas.

Pencanangan dilakukan tepatnya di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan dihadiri langsung Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian selaku Kepala BNPP.

"Saya selaku Ketua Pengarah Badan Pengelola Perbatasan menyatakan, Gerbangdutas 2022 dinyatakan dimulai," ujar Mahfud MD saat mencanangkan kegiatan tersebut.

Pencanangan Gerbangdutas 2022 yang mengangkat tema "Pembangunan Perbatasan Negara untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural", ini dalam rangka pemerataan pembangunan dan memperkuat daerah perbatasan.

Pencanangan Gerbangdutas 2022 turut dihadiri oleh Sekretaris BNPP Restuardy Daud, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Dasveri Abdi dan Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut bersama Forkopimda Talaud lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan oleh Menko Polhukam bersama Mendagri, di samping GOR Talaud. Kemudian peninjauan vaksinasi dan catatan sipil yang berlokasi di Kodim 1212/Talaud.

Setelah itu, Menko Polhukam dan Mendagri bersama rombongan serta Forkopimda Sulut mengunjungi Pulau Miangas, salah satu Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) berpenduduk yang menjadi prioritas penanganan karena lokasinya berada di paling utara wilayah NKRI dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Halaman:

Editor: Marcelino

Tags

Terkini

Terpopuler

X